banner 1000x500 banner 1000x500
Pemerintahan

Sekda Monitoring Gerebek Posyandu Lily di Desa Tegal Kunir Kidul Kecamatan Mauk

47
×

Sekda Monitoring Gerebek Posyandu Lily di Desa Tegal Kunir Kidul Kecamatan Mauk

Sebarkan artikel ini
Tangerang, sorotbanten.com — Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang, Moch. Maesyal Rasyid melakukan monitoring Gerebek Posyandu di Desa Tegal Kunir Kidul Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Banten. Jum’at, (7/6/2024).

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang, Moch. Maesyal Rasyid mengatakan Pemkab Tangerang senantiasa mendukung penuh program pemerintah pusat dalam rangka menekan angka stunting. Seluruh perangkat daerah bersama para mitra dan elemen masyarakat bergotong-royong dan berkolaborasi untuk mempercepat dan menekan stunting di Kabupaten Tangerang.

“Sebetulnya program ini dicanangkan oleh Wakil Presiden Indonesia, diteruskan oleh Mendagri, lalu ke pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, untuk melakukan intervensi serentak dalam pencegahan stunting. Kabupaten Tangerang program ini kita namai Grebek Posyandu, yang menyasar 2.352 posyandu se-Kabupaten Tangerang” ungkap Sekda.

Lanjut dia, selain menekan dan melakukan pencegahan stunting di Kabupaten Tangerang, Gerebek Posyandu juga bertujuan mendata kesehatan semua balita. Setelah dilakukan pendataan, maka langkah selanjutnya adalah memberikan suplai gizi dan vitamin yang cukup kepada para balita, sehingga kedepannya akan mampu mencipta generasi yang sehat, kuat, dan unggul.

“Dengan data kesehatan yang masuk, kita bisa ketahui dengan pasti berapa jumlah balita, lalu berapa balita yang resiko stunting, dan balita yang stunting. Sehingga, bisa mendapat penanganan dan pencegahan dengan cepat dan efektif, ” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Tangerang, Hendra Tarmizi menambahkan, bahwa angka stunting di Kabupaten Tangerang terus mengalami penurunan. Pada tahun 2021 angka stanting mencapai 16.136 balita, 2022 menurun menjadi 9.200 balita, dan pada tahun 2023 juga kembali menurun menjadi 5.391 balita.

“Untuk tahun 2024 ini, masih terus kita himpun dan akan diketahui setelah program grebek posyandu selesai. Diharapkan, dengan adanya program ini, angka stunting di Kabupaten Tangerang akan kembali menurun, bahkan sampai nol persen,” terang Hendra.

Masyarakat begitu antusias untuk datang menimbangkan balitanya ke Posyandu Lily di Desa Tegal Kunir Kidul. Di sana balita juga diberikan tambahan makanan dan alat perlengkapan makan, hingga pengecekan kesehatan secara gratis.

Pada kesempatan tersebut juga hadir Camat Mauk, Kepala Desa Tegal Kunir dan perwakilan dari unsur Muspika Kecamatan Mauk.

(asp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pemerintahan

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tangerang menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) dalam rangka Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan di halaman parkir perkantoran Gedung Usaha Daerah (GUD) Pemkab Tangerang