banner 1000x500 banner 1000x500
Pemerintahan

Pemkab Tangerang Review Implementasi dan Potensi Smart City

23
×

Pemkab Tangerang Review Implementasi dan Potensi Smart City

Sebarkan artikel ini

Tangerang, sorotbanten.com — Pemerintah Kabupaten Tangerang tengah melakukan review dan konsultasi implementasi Program Kota Cerdas (Smart City) 2024. Evaluasi ini melibatkan para evaluator dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Tangerang, Ujang Sudiartono menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar dan sejauh mana jangkauan pelaksanaan Smart City yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah.

“Pada prinsipnya, para evaluator ingin tahu seberapa besar dan seberapa jauh jangkauan pelaksanaan Smart City yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang,” ujar ujang di Ruang Rapat Solear Gedung Bupati Tangerang, (24/6/2024).

Dari sisi dasar hukum, kata dia, Kabupaten Tangerang telah memiliki landasan yang kuat untuk melaksanakan program Smart City. Seperti Perda 6 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik, Perbup Tangerang 7 Tahun 2020 tentang Smart City Kabupaten Tangerang, serta Keputusan Bupati Tangerang Nomor 050/Kep.435-Huk/2019 tentang Pembentukan Dewan Smart City Pemerintah Kabupaten Tangerang sudah ada.

“Tinggal kita mempertajam implementasi pelaksanaannya,” jelas dia.

Evaluasi ini juga memberikan masukan penting terkait pelaksanaan berbagai aplikasi dan program Smart City yang telah dijalankan. “Evaluasi ini menjadi salah satu masukan yang diberikan oleh para evaluator berkaitan dengan evaluasi dari masing-masing aplikasi dan program Smart City yang kita lakukan di Kabupaten Tangerang,” katanya.

Program Smart City Kabupaten Tangerang mencakup berbagai sektor, termasuk sosial, infrastruktur, ekonomi, dan lingkungan. “Hampir semua sektor ada dalam program Smart City ini. Alhamdulillah, semuanya ada, tinggal kita mengembangkan bagaimana aplikasi-aplikasi ini bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat Kabupaten Tangerang untuk mempermudah pelayanan dan akses,” ujarnya.

Dia berharap evaluasi tahap pertama ini dapat lebih meningkatkan dan memperbaiki hal-hal yang dirasa kurang oleh para evaluator.

“Sehingga, apa yang direncanakan dalam Smart City untuk pemerintah Kabupaten Tangerang bisa lebih optimal dirasakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat, serta bisa diakses oleh seluruh masyarakat di Kabupaten Tangerang,” tutupnya.

(red)

banner 1000x500 banner 1000x500 banner 1000x500

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pemerintahan

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tangerang bekerja sama Tim Penggerak PKK Kabupaten Tangerang menggelar Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) Berbasis Pangan Lokal Tingkat Kabupaten Tangerang Tahun 2024, di Gedung Serba Guna (GSG) Tigaraksa