banner 1000x500 banner 1000x500
Pemerintahan

DPPPA Sosialisasi Program Percantik di Desa Selapajang Cisoka

48
×

DPPPA Sosialisasi Program Percantik di Desa Selapajang Cisoka

Sebarkan artikel ini

Tangerang, sorotbanten.com — Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) kembali menggelar Sosialisasi Program Perempuan Cerdas, Apresiatif, Negosiatif, Talent Inovatif, dan Kreatif (Percantik) di Desa Selapanjang Kecamatan Cisoka, Rabu (19/06/2024).

Para peserta yang meliputi kader PKK dan masyarakat setempat, seperti ibu rumah tangga antusias mengikuti acara tersebut selama delapan hari. Mereka juga bersemangat sehingga pelaksanaannya berjalan baik.

Kepala Bidang Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan dan Keluarga Pada DPPPA Murwani menjelaskan, pembinaan Program Percantik bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Peran perempuan dalam rumah tangga dibutuhkan untuk menciptakan perempuan yang mandiri, kreatif dan inovatif.

Pada pembinaan Program Percantik ini terdapat materi yang berkaitan dengan ketahanan ekonomi dan ketahanan keluarga. Para peserta dibimbing bagaimana menciptakan sebuah usaha seperti berjualan dalam bentuk apa pun mulai cara pembuatan hingga izin usahanya.

“Selain itu, berkaitan dengan ketahanan keluarga para peserta akan diberikan materi terkait pola asuh untuk anak-anaknya,” jelasnya.

Dia mengatakan, ketahanan ekonomi keluarga berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak, dari beberapa kasus stunting di Kabupaten Tangerang salah satu penyebabnya adalah ekonomi keluarga yang tidak berkecukupan.

Dengan begitu, pembinaan ini dilakukan sebagai bentuk upaya untuk pencegahan dan menekan angka stunting khususnya di Kabupaten Tangerang.

“Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan Indeks Pembangunan Gender (IPG) di Kabupaten Tangerang masih cukup rendah dan ini termasuk pemicu adanya kasus stunting, untuk meningkatkan IPM dan IPG kami melakukan upaya melalui pembinaan Percantik,” ujarnya.

Ia berharap Pembinaan Program Percantik bisa meningkatkan kualitas ketahanan ekonomi dan keluarga di masyarakat agar kasus seperti stunting dan perceraian berkurang. Selain itu, para para ibu bisa mendidik anaknya menjadi generasi yang cerdas.

“Saya berharap dengan adanya pembinaan percantik bisa menjadikan seorarang ibu sebagai pendidikan pertama yang baik bagi anak-anaknya dan bisa membantu perekonomian keluarganya, agar masyarakat bisa hidup harmonis dan sejahtera,” harapnya.

(red)

banner 1000x500 banner 1000x500 banner 1000x500

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pemerintahan

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tangerang bekerja sama Tim Penggerak PKK Kabupaten Tangerang menggelar Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) Berbasis Pangan Lokal Tingkat Kabupaten Tangerang Tahun 2024, di Gedung Serba Guna (GSG) Tigaraksa