banner 1000x500 banner 1000x500
Pemerintahan

Diskominfo Kabupaten Tangerang Terus Optimalkan Pengelolaan Portal Opendata

21
×

Diskominfo Kabupaten Tangerang Terus Optimalkan Pengelolaan Portal Opendata

Sebarkan artikel ini

Tangerang, sorotbanten.com – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tangerang terus mengoptimalkan pengelolaan data elektronik pada Portal Opendata. Portal Opendata merupakan aplikasi layanan publik berbasis website berisi data dan informasi berbagai sektor yang dapat diakses, digunakan, serta dibagi pakaikan untuk dan oleh masyarakat, khususnya di wilayah Kabupaten Tangerang.

Kepala Bidang Statistik Sektoral pada Diskominfo Kabupaten Tangerang, Budi Lestari, mengatakan, dalam melakukan penyebarluasan data di Kabupaten Tangerang, Opendata memegang peranan yang cukup signifikan.

“Pengelolaan data elektronik pada Opendata juga memegang peranan penting dalam meningkatkan nilai Indeks Pembangunan Statistik, karena di semua domain penilaian Indeks Pembangunan Statistik ( IPS ) melibatkan paling sedikit satu indikator Opendata,” katanya pada kegiatan Pengelolaan Data Elektronik pada Portal Opendata di Grand Ussu Hotel and Convention, Bogor, Jawa Barat. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama empat hari, 23-26 April 2024.

Budi menuturkan, pengelolaan data elektronik pada Opendata melibatkan kolaborasi antara walidata dan produsen data pada penyelenggara Satu Data Tingkat Kabupaten Tangerang.

“Produsen data yang bertanggung jawab dalam memenuhi kebutuhan data, melakukan entry data ke dalam Opendata, sementara walidata yang bertanggung jawab atas kevalidan data melakukan validasi atas data yang akan dipublikasikan ke dalam Opendata,” tuturnya.

Sementara itu, saat ini fitur interoperabilitas pada Opendata masih terus dikembangkan. Ke depan, semua aplikasi yang masih tersebar di berbagai perangkat daerah dapat terintegrasi dengan aplikasi Opendata.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap ke depannya Opendata dapat digunakan sebagai bahan analisis untuk pengambilan keputusan secara cepat dan akurat,” katanya.

Diketahui, Portal Opendata menggunakan platform berbasis DKAN, yaitu platform manajemen data sumber terbuka. Portal Opendata memperlakukan data sebagai konten sehingga mudah dipublikasikan dan dikelola dengan sistem data terbuka.

Portal ini menyediakan akses satu atap terhadap data pemerintah yang tersedia untuk umum, mengkomunikasikan data dan analisis pemerintah melalui visualisasi dan artikel, menciptakan nilai dengan mendorong pengembangan aplikasi, memfasilitasi analisis dan penelitian.

Portal Opendata terintegrasi dengan Portal Satu Data Indonesia dan akan di Harvest secara periodik dan muncul dalam katalog DATA.GO.ID. Portal ini dapat diakses pada link: opendata.tangerangkab.go.id.

(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *