banner 1000x500 banner 1000x500 banner 1000x500
Pemerintahan

Tingkatkan Inovasi Daerah, Bappeda Gelar Bimtek Penyusunan IID

90
×

Tingkatkan Inovasi Daerah, Bappeda Gelar Bimtek Penyusunan IID

Sebarkan artikel ini

Tangerang, sorotbanten.com — Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tangerang menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) penyusunan proposal Indeks Inovasi Daerah (IID), Selasa (20/06/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri 100 peserta dari Perangkat Daerah, beberapa perwakilan SMP, dan Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD) se-Kabupaten Tangerang. Tujuan kegiatan dimaksudkan untuk memberikan gambaran  indeks inovasi daerah yang diatur dalam peraturan perundang-undangan. Selain itu, setiap Perangkat Daerah diharapkan lebih memahami cara menginput inovasi ke sistem Innovative Government Award (IGA).

“Tentunya kami ingin setiap inovasi daerah yang Pemkab Tangerang miliki semua tercatat di sistem IGA, mengingat seluruh Perangkat Daerah harus memiliki sebuah Inovasi yang bisa menjadi percepatan kinerja dalam memenuhi target di masing-masing Perangkat Daerah,” kata Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Pada Bappeda Kabupaten Tangerang, Upit Kurniasih.

Dia menyampaikan, daya saing di daerah menjadi parameter keberhasilan dan dapat dijadikan tolak ukur kesejahteraan masyarakat. Berkaitan dengan hal tersebut, sesuai dengan amanat PP No. 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah dan Permendagri No. 17 Tahun 2016 tentang Pedoman Penelitian dan Pengembangan di Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah, Kemendagri akan mengukur tingkat inovasi di suatu daerah, melalui indeks inovasi daerah yang bertujuan untuk mendorong tingkat daya saing dan optimalisasi otonomi daerah.

“Kepala Daerah dalam hal ini bupati pada dasarnya memang diharuskan melaporkan inovasi daerah kepada Kemendagri agar dilakukan penilaian terhadap hasil inovasi daerah tersebut. Pelaporan inovasi daerah nantinya dilakukan melalui pengisian data secara elektronik pada halaman website Kemendagri yang telah disediakan,” ujarnya.

Dengan diselenggarakannya kegiatan ini, diharapkan dapat menjadi motivasi pemerintah daerah untuk meningkatkan inovasi dalam pelayanan masyarakat, mendorong penerapan tata kelola yang baik serta meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap proses-proses inovasi yang dilakukan pemerintah daerah.

“Saat ini Pemkab Tangerang memiliki 145 inovasi daerah dan semua sudah sesuai SK Bupati, semua itu kita input ke sistem IGA. Pada tahun 2022 lalu Inovasi Daerah milik Pemkab Tangerang juga telah meraih kategori inovatif. Semoga ditahun ini dapat meningkat kategori sangat inovatif,” katanya.

(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Daerah

Pemerintah Desa (Pemdes) Sukamanah Kecamatan Jambe mengikuti Kegiatan Penilaian Lomba Desa Tingkat Kabupaten Tangerang Tahun 2024. Desa Sukamanah salah satu desa yang dikunjungi tim penilai lomba dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Tangerang