banner 1000x500 banner 1000x500
Pemerintahan

Disnaker Sosialisasi Pembuatan AK-1 bagi Penyandang Disabilitas

29
×

Disnaker Sosialisasi Pembuatan AK-1 bagi Penyandang Disabilitas

Sebarkan artikel ini

Tangerang, sorotbanten.com – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tangerang menggelar Penyuluhan dan bimbingan jabatan bagi pencari kerja disabilitas di Aula SKH Bhakti Luhur 02 Citra Raya, Selasa (21/5/2024). Kegiatan ini melibatkan 20 Sekolah Khusus (SKh) di Kabupaten Tangerang.

Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja pada Disnaker Kabupaten Tangerang, Iis Kurniati, mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya mewujudkan komitmen kesetaraan hak dan kesempatan kerja bagi penyandang disabilitas.

“Karena saat ini sedang pada momen kelulusan, maka kami membantu penyandang disabilitas untuk mempersiapkan mereka ke dunia kerja. Salah satunya kita akan mensosialisasikan pembuatan AK-1,” ucap Iis.

Diketahui, Disnaker Kabupaten Tangerang juga telah memiliki Unit Layanan Disabilitas (ULD). Unit tersebut memiliki sejumlah program dan fasilitas bagi para pencari kerja disabilitas yang juga terhubung dengan beberapa perusahaan.

“Saat ini, Disnaker juga sudah memiliki ULD. Ada beberapa macam pelayanan, seperti pelayanan IPK untuk mendata pencari kerja disabilitas dengan pembuatan AK-1, lalu ada informasi loker, Balai Latihan Kerja (BLK) dengan sejumlah pelatihan yang dapat mereka ikuti, serta pembentukan wirausaha bagi yang tidak mendapatkan penempatan formal,” tuturnya.

Sebagai informasi, pada 2022, Disnaker memfasilitasi 10 penyandang disabilitas masuk dunia kerja. Pada 2023, jumlah tersebut meningkat menjadi 37penyandang disabilitas yang telah difasilitasi masuk ke dalam dunia kerja.

Sementara itu, Ketua MKKS SKh Kabupaten Tangerang, Zulkurniawan, turut mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh Disnaker tersebut. Menurut dia, kegiatan ini sangat membantu para penyandang disabilitas untuk mendapatkan haknya dalam bekerja.

“Saya sangat berterima kasih kepada Disnaker karena telah mengadakan kegiatan yang bermanfaat ini. Bagi para penyandang disabilitas diharapkan untuk melakukan pendataan ke Disnaker agar nantinya dapat dibantu untuk penempatan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan,” katanya.

(asp)

banner 1000x500 banner 1000x500 banner 1000x500

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pemerintahan

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tangerang bekerja sama Tim Penggerak PKK Kabupaten Tangerang menggelar Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) Berbasis Pangan Lokal Tingkat Kabupaten Tangerang Tahun 2024, di Gedung Serba Guna (GSG) Tigaraksa