banner 1000x500 banner 1000x500
Daerah

Desa Purabaya Realisasi Anggaran DD Sesuai Juklak dan Juknis3

102
×

Desa Purabaya Realisasi Anggaran DD Sesuai Juklak dan Juknis3

Sebarkan artikel ini

Cianjur, sorotbanten.com — Anggaran dana desa (DD) tahun 2023 Desa Purabaya Kecamatan Leles Kabupaten Cianjur sudah terealisasi sesuai juklak dan juknis.

Kepala Desa Purabaya Hendarso mengatakan bahwa semua anggaran yang masuk ke desa Purabaya keseluruhan baik yang bersumber dari DD atau dana bantuan provinsi (Banprov) sudah dialokasikan sesuai prosedur.

“Yang sudah kami laksanakan yang pertama infrastruktur itu ada di beberapa titik di desa Purabaya ini, yakni di kampung Sukasari pengerasan jalan 1100 dengan volume 150, + 2,5 dan rawat jalan usaha tani RJUT di kampung lembur sawah RT 07 serta dibeberapa titik lainnya,” Paparnya. Sabtu (16/3/2024).

Hendarso menambahkan, untuk ketahanan pangan dialokasikan ke ternak domba, kemudian dibagikan ke setiap DKM, ia memfokuskan ke perkembangbiakan.

“Jadi waktu ada acara hari-hari besar semacam maulid nabi atau isra mi’raj kita sembelih domba tersebut,” Ujar Hendarso.

Hendarso berharap untuk desa Purabaya ini ketahanan pangan berkembang dan rakyat sejahtera untuk tahun 2024 sesuai dengan musyawarah desa yang akan diprioritaskan itu infrastruktur, karena masih banyak jalan poros desa yang masih menjadi PR di desa Purabaya.

Realisasi anggaran Dede di desa Purabaya ini merupakan langkah penting dalam memajukan desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengikuti juklak dan juknis yang telah ditetapkan penggunaan anggaran dapat dilakukan secara transparan dan akuntabel.

Proses alokasi anggaran yang tepat dan efisien menjadi kunci keberhasilan program pembangunan desa dalam hal ini kepala desa dan aparat desa bertanggung jawab untuk memastikan anggaran yang digunakan dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Selain itu partisipasi aktif masyarakat juga sangat penting dalam penggunaan anggaran DD. melalui musyawarah desa dan mekanisme partisipasi lainnya, masyarakat dapat berperan dalam menentukan prioritas penggunaan anggaran dan memastikan bahwa kepentingan bersama diutamakan.

Pemerintah daerah juga memiliki peran penting dalam mendukung pengolahan anggaran DD dengan memberikan bantuan teknis dan pemantauan yang tepat pemerintah daerah dapat memastikan bahwa anggaran Dede di desa-desa dapat berjalan dengan baik sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Dalam menghadapi tantangan pembangunan desa yang semakin kompleks pengolahan anggaran dedek yang baik menjadi kunci untuk mencapai pembangunan yang berkelanjutan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan adanya transparansi akuntabilitas dan partisipasi aktif masyarakat diharapkan anggaran Dede dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi pembangunan desa dan kesejahteraan masyarakat.

(anggi)

banner 1000x500 banner 1000x500 banner 1000x500

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *