banner 1000x500 banner 1000x500 banner 1000x500
Pemerintahan

Tingkatkan Kualitas Data, Diskominfo Kab. Tangerang Susun Proses Bisnis Statistik

122
×

Tingkatkan Kualitas Data, Diskominfo Kab. Tangerang Susun Proses Bisnis Statistik

Sebarkan artikel ini

Tangerang, sorotbanten.com — Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tangerang melaksanakan Penyusunan Proses Bisnis Statistik Kabupaten Tangerang. Kegiatan tersebut digelar di Hotel Royal Palm & Conference Center, Cengkareng, Jakarta Barat, selama tiga hari, 13–15 Juni 2023.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Diskominfo Kabupaten Tangerang, Nono Sudarno. Ia mengatakan kegiatan ini digelar untuk mewujudkan pelaksanaan kegiatan statistik yang andal, efektif, dan efisien di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang. Selain itu, turut hadir perwakilan dari Bagian Organisasi dan Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Tangerang.

“Untuk mewujudkan hal tersebut, maka perlu didukung oleh aturan dan mekanisme yang jelas serta mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan produk hukum terkait pelaksanaan kegiatan statistik di lingkungan Pemkab Tangerang,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Statistik Sektoral Diskominfo Kabupaten Tangerang, Budi Lestari mengatakan penyusunan proses bisnis statistik ini dilakukan untuk menghasilkan statistik yang berkualitas. Penyusunan proses bisnis statistik tersebut disusun berdasarkan Standarisasi Generic Statistical Business Process Model (GSBPM).

“Berdasarkan GSBPM tersebut kita mencoba untuk mengaplikasikannya di Kabupaten Tangerang melalui pembuatan SOP Pelaksanaan Kegiatan Statistik Sektoral di Kabupaten Tangerang,” katanya.

Dengan adanya SOP yang jelas berdasarkan GSBPM, Budi berharap pelaksanaan kegiatan statistik sektoral di Kabupaten Tangerang lebih terukur dan lebih mudah diaplikasikan oleh Perangkat Daerah. Selain itu, diharapkan juga akan menghasilkan kegiatan-kegiatan statistik sektoral yang lebih berkualitas.

Dalam kegiatan tersebut, perwakilan BPS Provinsi Banten, Saeful Hidayat dan perwakilan BPS Kabupaten Tangerang, Reza Septian Pradana selaku narasumber turut melakukan evaluasi pelaksanaan Satu Data di lingkungan Pemkab Tangerang. Salah satunya dengan membuat SOP berdasarkan tahapan Probis Statistik yaitu perencanaan data, pengumpulan data, pemeriksaan data dan penyebarluasan data.

“Ada banyak masukan dari Pembina Data dalam implementasi proses bisnis ini melalui penyusunan SOP. Kami berharap penyusunan proses bisnis ini dapat dilakukan dengan baik dan nantinya dapat menghasilkan statistik yang berkualitas,” pungkas Budi.

(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Daerah

Pemerintah Desa (Pemdes) Sukamanah Kecamatan Jambe mengikuti Kegiatan Penilaian Lomba Desa Tingkat Kabupaten Tangerang Tahun 2024. Desa Sukamanah salah satu desa yang dikunjungi tim penilai lomba dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Tangerang