banner 1000x500 banner 1000x500
ArtikelNews

Profil Pengawas Sekolah Dasar Iva Budi Sopyani, S.Pd., MM: Pengawas yang Berdedikasi di Tiga Kecamatan

182
×

Profil Pengawas Sekolah Dasar Iva Budi Sopyani, S.Pd., MM: Pengawas yang Berdedikasi di Tiga Kecamatan

Sebarkan artikel ini

Tangerang, sorotbanten.com — Iva Budi Sopyani, S.Pd., MM, adalah seorang pengawas sekolah dasar yang berdedikasi dan berprestasi.

Dengan tanggung jawab yang luas, beliau memperoleh tugas untuk mengawasi sekolah-sekolah dasar di tiga kecamatan sekaligus, yaitu Kecamatan Pakuhaji (definitif), Kecamatan Sepatan Timur, dan Kecamatan Rajeg.

Dedikasi dan komitmen Iva dalam dunia pendidikan membuatnya menjadi sosok yang disegani dan dihormati di kalangan rekan kerja dan masyarakat.

Latar Belakang Pendidikan dan Karier

Iva Budi Sopyani, yang akrab disapa Bu Iva, menyelesaikan pendidikan S1 di bidang Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan melanjutkan studi S2 di bidang Manajemen Pendidikan.

Pengalaman akademis yang solid dan berbagai pelatihan profesional yang diikutinya membuat Bu Iva memiliki kapasitas yang mumpuni dalam mengelola dan meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah-sekolah yang berada di bawah pengawasannya.

Tugas dan Tanggung Jawab

Sebagai pengawas sekolah dasar, Bu Iva bertanggung jawab untuk memastikan bahwa proses pembelajaran di sekolah-sekolah yang diawasi berjalan dengan baik dan sesuai standar yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan. Tugasnya mencakup:

Monitoring dan Evaluasi: Melakukan kunjungan rutin ke sekolah-sekolah di Kecamatan Pakuhaji, Sepatan Timur, dan Rajeg untuk mengamati proses belajar mengajar, mengevaluasi kinerja guru, dan memberikan masukan untuk perbaikan.

Pembinaan Guru: Menyelenggarakan pelatihan dan workshop untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengajar dan mengelola kelas.

Peningkatan Kualitas Sekolah: Mengembangkan program-program untuk meningkatkan mutu pendidikan dan fasilitas di sekolah-sekolah yang diawasi.

Prestasi dan Kontribusi

Bu Iva dikenal karena pendekatan inovatifnya dalam pembinaan dan pengawasan. Beberapa kontribusi signifikan yang telah beliau berikan antara lain:

1. Implementasi Program GSM (Gerakan Sekolah Menyenangkan)

Di sekolah-sekolah yang diawasi, Bu Iva berhasil mengimplementasikan program GSM yang bertujuan menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan interaktif bagi siswa.

2. Peningkatan Kompetensi Guru

Melalui berbagai pelatihan dan workshop, beliau berhasil meningkatkan kualitas pengajaran dan manajemen kelas oleh guru-guru di ketiga kecamatan.

3. Pengembangan Infrastruktur Pendidikan

Bu Iva aktif dalam mengusulkan dan mengawasi pembangunan dan renovasi fasilitas sekolah, memastikan bahwa siswa mendapatkan lingkungan belajar yang aman dan nyaman.

4. Membentuk Tim Penggerak Pendidikan Pakuhaji (TP3).

Tim ini bertugas untuk mengembangkan Program Guru Penggerak, Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dan Pengembangan Program Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM).

Tim ini beranggotakan Guru Penggerak yang telah mengikuti CGP, Pengajar CGP serta guru-guru yang telah dibekali pelatihan GSM di tingkat Kabupaten.

Tantangan dan Harapan

Mengawasi sekolah di tiga kecamatan tentu bukan tugas yang mudah. Tantangan yang dihadapi Bu Iva mencakup keterbatasan sumber daya, perbedaan kondisi sosial-ekonomi di masing-masing kecamatan, dan kebutuhan untuk terus beradaptasi dengan perkembangan kebijakan pendidikan nasional.

Namun, dengan dedikasi dan komitmen yang tinggi, Bu Iva optimis bahwa tantangan-tantangan tersebut dapat diatasi. Beliau berharap, dengan kerja sama antara sekolah, guru, orang tua, dan pemerintah daerah, kualitas pendidikan di Kecamatan Pakuhaji, Sepatan Timur, dan Rajeg dapat terus ditingkatkan.

“Komitmen saya adalah untuk memastikan bahwa setiap anak mendapatkan pendidikan yang layak dan berkualitas, serta guru-guru mendapatkan dukungan yang mereka butuhkan untuk berkembang. Pendidikan adalah kunci masa depan kita, dan saya akan terus berupaya untuk memberikan yang terbaik bagi anak-anak dan guru-guru kita,” ujar Bu Iva.

Penutup

Iva Budi Sopyani, S.Pd., MM, adalah contoh nyata dari seorang pengawas sekolah yang berdedikasi dan berprestasi. Dengan tanggung jawab di tiga kecamatan, beliau menunjukkan bahwa dengan kerja keras dan komitmen, tantangan apapun dapat dihadapi untuk mencapai tujuan yang mulia dalam dunia pendidikan. Semoga dedikasi dan prestasi Bu Iva dapat menjadi inspirasi bagi kita semua.

(hadi)

banner 1000x500 banner 1000x500 banner 1000x500

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *