banner 1000x500 banner 1000x500
News

Peringati HLHS, PT PLN Indonesia Power UBP Banten 3 Lontar Adakan Coastal Clean Up

39
×

Peringati HLHS, PT PLN Indonesia Power UBP Banten 3 Lontar Adakan Coastal Clean Up

Sebarkan artikel ini

Tangerang, sorotbanten.com — Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PT PLN Indonesia Power UBP Banten 3 Lontar mengadakan aksi bersih-bersih pantai (coastal clean up) di pesisir Pantai Utara, Desa Tanjung Kait yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya peran lingkungan bagi kehidupan dan tanggung jawab melindungi makhluk hidup yang tinggal di lingkungan pesisir. Kamis, (6/6/2024).

PT PLN Indonesia Power yang merupakan bagian dari PLN Group memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia bertajuk Green Employee Involvement dengan serangkaian kegiatan berupa perlombaan, kampanye peduli lingkungan dan seminar. Adapun tema yang diangkat pada tahun 2024 disesuaikan dengan tema yang diusung oleh United Nations (UN), yaitu Land Restoration, Desertification and Drought Resilience.

Senior Manager UBP Banten 3 Lontar, Yunus Tohir menyampaikan pentingnya peran lingkungan bagi keberlangsungan hidup manusia. Sampah pantai, terutama sampah plastik, memiliki dampak signifikan terhadap lingkungan dan perubahan iklim. Aksi bersih-bersih pantai yang dilakukan hari ini oleh UBP Banten 3 Lontar beserta stakeholder lainnya merupakan perwujudan komitmen global dan nasional yang tertuang dalam Sustainable Development Goals (SDGs) tujuan 13, yaitu Penanganan Perubahan Iklim.

“Terima kasih kepada Satuan Radar 211 Tanjung Kait yang sudah berkenan berkolaborasi dengan kami dalam menyukseskan acara hari ini. Terima kasih juga saya sampaikan kepada rekan-rekan insan UBP Banten 3 Lontar dan pihak-pihak yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu yang dengan senang hati berpartisipasi memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Aksi kita hari ini dilakukan dengan sinergitas bersama banyak pihak agar tujuan dan makna coastal clean up dapat berjalan dengan lebih maksimal dan terinternalisasi dalam diri tiap peserta yang hadir,” ucap Yunus.

Aksi coastal clean up dihadiri kurang lebih 200 peserta yang terdiri dari pegawai UBP Banten 3 Lontar serta menggandeng banyak instansi mulai dari PT PLN Indonesia Power Services Unit Lontar, PT Haleyora Power Indo, PT Garda Power Mandiri, PT Kobantitar, Koperasi Banten 3 Lontar, Pemerintah Kabupaten Tangerang, Pemerintah DLHK Tingkat Provinsi dan Kabupaten, Disnaker Tingkat Provinsi dan Kabupaten, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Direktur RSUD Kabupaten Tangerang, BPBD Kabupaten Tangerang, Koramil Mauk, LANAL Banten, SATRADAR 211 Banten, Persatuan Istri Karyawan dan Karyawati (PIKK) UBP Banten 3 Lontar, dan Persatuan Istri Anggota (PIA) Angkatan Udara Ardhya Gahni Ranting.

Apresiasi juga disampaikan oleh Komandan Satuan Radar 211 Tanjung Kait, Letkol Lek Kunto Wibisono atas aksi bersih-bersih pantai yang berlokasi di lingkungan pesisir wilayah SATRADAR Tanjung Kait. Aksi ini selain bertujuan meningkatkan kesadaran tanggung jawab lingkungan, juga membantu menjaga ekosistem laut tetap terjaga.

“Terima kasih kepada PT PLN Indonesia Power UBP Banten 3 Lontar yang telah melibatkan kami di acara yang memiliki tujuan mulia seperti ini. Saya takjub, masih banyak dari kita yang memiliki rasa kepedulian terhadap lingkungan, walaupun itu sesederhana memungut sampah yang berserakan di pantai. Semoga ini bisa menjadi kebiasaan baik dalam diri kita semua,” ucapnya.

Harapannya, aktivitas coastal clean up yang diadakan hari ini dapat memantik kepedulian maupun kebiasaan baik untuk mengelola lingkungan serta turut berkontribusi dalam gerakan pemulihan lingkungan. Dengan memahami dan menyadari urgensi menjaga lingkungan, kita dapat lebih termotivasi untuk mengambil tindakan nyata dalam kehidupan sehari-hari, seperti mengurangi penggunaan plastik, mendaur ulang, menggunakan energi terbarukan, dan mendukung kebijakan lingkungan yang berkelanjutan. Setiap langkah kecil yang kita ambil dapat berkontribusi besar terhadap pelestarian lingkungan.

Sementara itu, Kepala DLHK Kabupaten Tangerang Fachrul Rozi sangat mengapresiasi terkait kegiatan hari ini, kepada pihak PLN dan kepala satuan radar tanjung kait, yang pada hari ini, sudah sama sama melaksanakan satu kegiatan, yang memang bertepatan dengan hari lingkungan hidup, jadi yang seperti ini yang memang kita harapkan, dan di perbanyak lagi, karena masalah lingkungan hidup bukan hanya tugas pemerintah saja, tetapi juga tugas kita bersama termasuk masyarakat, dan yang paling penting kegiatan kita hari ini adalah bersih bersih, yang paling penting bukan hanya kegiatan bersih bersihnya, tetapi bagaimana kita menggugah masyarakat agar peduli dan sadar, dengan tidak membuang sampah ke laut, jadi kita akan lebih mengedukasi, kedepan ini untuk masyarakat untuk peduli lagi, terkait dengan permasalahan sampah.

“Kalau membersihkan itu mudah, dengan gerakan 1 masalah bisa bersih, tetapi bagaimana, memelihara hasil yang sudah diberikan, dan itu perlu kepedulian dan kesadaran bagi masyarakat, untuk sama sama memelihara lingkungan kita, supaya tidak kotor dan membuang sampah sembarangan, termasuk membuang sampah kelaut, karena laut itukan banyak ekosistimnya, banyak kehidupan di dalam, kalau nanti tercemar itu akan berpengaruh, terima kasih kepada pihak pln pltu lontar, dan kepala satuan radar tanjung kait yang sudah membantu kami untuk menanggulangi sampah atau untuk minimal membersihkan sampah sampah, yang ada di laut, dan sekitaran laut pantai Tanjung kait,” ujarnya.

(red)

banner 1000x500 banner 1000x500 banner 1000x500

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News

Tak ingin menanggungkan beban sendirian, pengedar sabu dan pil extasi di Kabupaten Batu Bara yakni Masran alias Sumpil (46) warga Huta Bandar Hobun, Kecamatan Bandar Masilam, Kabupaten Simalungun, yang ditangkap Petugas pada hari Selasa tanggal 09 Juli 2024 yang lalu, sekitar pukul 01.30 wib, di Desa Pasar Lapan, Kecamatan Air Putih, Kabupaten Batu Bara, akhirnya nyanyi alias membeberkan kepada Petugas identitas pemasok atau penyuplai barang haram tersebut.