banner 1000x500 banner 1000x500 banner 1000x500
Pemerintahan

Pengajian ASN Pemkab Tangerang: Derajat Perempuan Diangkat Sejak Rasul Diutus

69
×

Pengajian ASN Pemkab Tangerang: Derajat Perempuan Diangkat Sejak Rasul Diutus

Sebarkan artikel ini

Tangerang, sorotbanten.com — Pemerintah Kabupaten Tangerang menggelar pengajian bulanan bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tangerang pada Senin (11/12/2023) di Gedung Serba Guna (GSG) Tigaraksa.

Pengajian tersebut dibuka dengan lantunan ayat suci Al-Qur’an yang dibacakan Qariah Sutiara dan tausyiah diisi Ustadzah Hj Umi Yamsasni dengan tema “Islam Mengangkat Derajat Perempuan”.

Penceramah Ustadzah Hj. Umi Yamsasni menjelaskan, sebelum Nabi Muhammad SAW terlahir ke dunia, derajat perempuan begitu hina dan rendah. Namun pada dasarnya, perempuan memiliki hak untuk dimuliakan. Maka sejak Rasul diutus, diskriminasi kaum perempuan mulai dihilangkan di dunia.

“Peran perempuan menjadi salah satu faktor baiknya peradaban dan menjadi aspek penting dalam beribadah kepada Allah. ketika Nabi Adam diciptakan hanya seorang diri, maka dengan mengucapkan kun fa-yakun, Allah menciptakan seorang wanita dari tulang rusuk sebelah kiri Nabi Adam,” ucapnya.

Ustadzah Hj. Yamsasmi menjelaskan, wanita merupakan makhluk yang harus di lindungi dan tidak untuk disakiti bahkan dikhianati, karena perempuan diciptakan langsung dari tulang rusuk yang berada di sebelah kiri yang berarti melindungi hati.

“Islam sangat amat mengangkat harkat derajat perempuan, bahkan saat nabi ditanya oleh sahabatnya mengenai siapa orang yang harus dihormati, maka rasul menjawab yaitu ibu, ibu dan ibu lalu bapak. Hal ini diartikan bahwa harkat martabat seorang ibu itu tiga tingkat derajatnya dibanding bapak,” ujarnya.

Pengajian bulanan tersebut juga diikuti oleh ASN melalui zoom meeting diperuntukan bagi ASN yang memiliki kegiatan lain agar bisa mengikuti pengajian tersebut. Selain itu pengajian ini dilaksanakan secara rutin setiap bulannya agar para ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tangerang bisa menjadi contoh yang baik dan religius bagi masyarakat Kabupaten Tangerang.

(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Daerah

Pemerintah Desa (Pemdes) Sukamanah Kecamatan Jambe mengikuti Kegiatan Penilaian Lomba Desa Tingkat Kabupaten Tangerang Tahun 2024. Desa Sukamanah salah satu desa yang dikunjungi tim penilai lomba dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Tangerang