banner 1000x500 banner 1000x500
DaerahPemerintahan

Oknum Kepala Desa Cimande Diduga Gelapkan DD Tahap I Tahun 2023 Untuk Pembangunan TPT Dan PJU Demi Kepentingan Pribadi

398
×

Oknum Kepala Desa Cimande Diduga Gelapkan DD Tahap I Tahun 2023 Untuk Pembangunan TPT Dan PJU Demi Kepentingan Pribadi

Sebarkan artikel ini

Bogor,sorotbanten.com — Program Dana Desa (DD) Tahap I Tahun 2023 yang di cairkan oleh Pemdes Cimande Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor Rp 397.600.000,- (Tiga Ratus Sembilan Puluh Tujuh Juta Enam Ratus Ribu Rupiah).

Dari angaran Dana Desa Tahap I Tahun 2023 tersebut ada untuk pembangunan Tembok Penahan Tebing (TPT) dan Penerangan Jalan Umum (PJU) sebesar Rp 124.000.000,- (Seratus Dua Puluh Empat Juta Ribu Rupiah) diduga dana tersebut tidak di realisasikan malah di jadikan kepentingan pribadi oknum Kepala Desa Cimande.

Dari informasi yang dihimpun salah satu warga Desa Cimande RT 09 RW 03 yang enggan disebutkan namanya mengungkapkan Dana Desa Tahap I Tahun 2023 Tidak ada pembangunan untuk TPT dan PJU di RT 09 RW 03.

“Tidak ada pembangunan untuk TPT dan PJU dari Dana Desa Tahap I Tahun 2023 disini, hanya ada untuk pembangunan jalan, itupun dari anggaran Samisade bukan dari Dana Desa,” ungkapnya

Melihat dari data yang sudah di laporkan kepada dinas DPMD Kabupaten Bogor Pemdes Cimande Kecamatan Caringin ada untuk Pembagunan TPT dengan Nilai Angaran sebesar Rp 60.000.000-, dan untuk dana PJU sebesar Rp 64.500.000,- itu hasil dari pada musdus dan musdes menurut oknum kepala Desa Cimande sewaktu dipertanyakan tentang program Dana Desa Tahap I tahun 2023.

Akan tetapi dari penulusuran awak media saat ke lokasi pembangunan TPT di RT 09 RW 03 dan tempat Penerangan Jalan Umum  nampak jelas pembangunan tersebut tidak ada.

Kemudian kami awak media mendatangi oknum kepala Desa Cimande untuk konfirmasi kembali, Namun sangat disayangkan oknum Kepala Desa Cimande diduga menghindari kami awak media, sehingga sangat sulit untuk di temui, lalu kami mencoba menghubungi lewat telephon Cellular tidak ada jawaban dan tidak ada respon juga dari oknum Kepala Desa Cimande.

Diduga Oknum Kepala Desa Cimande membikin LPJ Palsu Dana Desa Tahap satu Tahun 2023 untuk Kepentingan pribadi dan diduga kuat ada kongkalingkong pihak pemdes Cimande dengan Oknum tim monev kecamatan dan Oknum pemerintah Kabupaten. Sehingga bisa meloloskan laporan Dana Desa di tahap I tahun 2023 untuk mencairkan dana Desa di Tahap II Rp 397.600.000,- yang kini sudah berjalan.

Menanggapi hal tersebut, Lembaga Pemantau Independen Tindak Pidana Korupsi (LPI TIPIKOR) Robi SH menegaskan, pihaknya akan membuat laporan kepada Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Bogor agar oknum yang diduga terlibat dalam anggaran Dana Desa Tahap I tahun 2023 secepatnya diproses secara aturan Hukum yang berlaku.

“Kami akan Segera membikin Surat laporan Kepada kejari Kabupaten Bogor Agar Perbuatan Oknum Kepala Desa Cimande dan pemerintah yang terlibat yang diduga ada kongkalikong untuk memperlancar tindak kan KKN Oleh oknum Kepala Desa Cimande dari anggaran dana Desa tahap I Rp 124.000.000,- Secepatnya di proses secara aturan Hukum yang berlaku” Tegasnya.

(iman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *