banner 1000x500 banner 1000x500 banner 1000x500
DaerahPemerintahan

Kinerja Kades Kampung Baru Dalam Menyalurkan DD Tahap I Sesuai Mekanisme dan Harapan Masyarakat

138
×

Kinerja Kades Kampung Baru Dalam Menyalurkan DD Tahap I Sesuai Mekanisme dan Harapan Masyarakat

Sebarkan artikel ini

Serang, sorotbanten.com — Kepala Desa adalah jabatan Eksekutif ditingkat Pemerintahan Desa. Dimana proses pemilihannya melalui pemungutan suara secara demokratis, Sebagaimana sudah diatur dalam Undang-undang sebagai landasannya.

Adapun kedudukan Desa itu sendiri merupakan entitas politik otonom dan kesatuan masyarakat hukum yang memiliki regulasi sendiri dalam mengelola kehidupan Desa dan kemajuan Desa lebih baik.

Salah satunya Kepala Desa terpilih, hasil dari pilihan masyarakat Desa Kampung Baru Kecamatan Petir Kabupaten Serang Banten, Fahrul Roji Mengemban amanah dan jabatannya untuk mengabdi dan melayani masyarakat, dan menjalankan tugas-tugas Kepemerintahan yang di amanahkan kepadanya untuk menyalurkan program-program pemerintah/dana Desa (DD)sesuai aturannya, tentunya Demi untuk memajukan Desa Tunjung Teja.

Dalam menjalankan tugas-tugasnya dari hasil Konfirmasi kami awak Media, (Sabtu , 14/10/2023), Fahrul Roji ia menerangkan, Kami selaku pengemban amanah untuk membantu masyarakat dan pemerintah dalam menjalankan tugas saya sebagaimana mestinya untuk menyalurkan program-program pemerintah/Dana Desa.

“Kami selalu mengedepankan azas Desentralisasi dan mengedepankan sesuai kearifan lokal, dimana dan apapun dalam menjalankan program program Pemerintah /Dana Desa (DD) sanyah selalu tranfaransi, dan diawali melalui azas dan prinsip mengedepankan musyawarah dalam menentukan kebutuhan masyarakat yang melibatkan semua unsur yang ada melalui mekanisme yang sesuai,” Paparnya.

Diantaranya program dilaksanakan melalui ajuan dari bawah sesuai kebutuhan Warga masyarakat, mulai dari musyawarah tingkat RW/Dusun (Musdus) untuk dikompetisikan ditingkat Desa yang menjadi ajuan skala prioritas yang diutamakan sebagai keinginan masyarakat.

“Kemudian hasil dari Musdus dikompetisikan kembali ditingkat Desa (Musdes), dimana hasilnya yang akan menjadi Program Desa yang dituangkan dalam Rencana Anggaran Pembangunan Desa(RKPDes) baik untuk jangka pendek, menengah, maupun jangka panjang, yang sudah jadi skala prioritas,” ungkapnya.

Lanjutnya Tak lupa pihaknya selalu meminta dan petunjuk, Kepada tokoh masyarakat yang sudah berpengalaman dalam urusan kepemerintahan dalam memperdayakan masyarakat lebih sejahtera, agar kemaslahatan masyarakat Desa dan kebutuhan masyarakat Desa itu yang di utamakan.

Namun jikalau kinerjanya belum maksimal dan ada kalanya khilaf, karena salah satunya sifat manusia tidak ada yang sempurna.

“InsaAllah saya akan jalankan amanah dan jabatan ini akan di gunakan dengan sebaik-baiknya karena sudah menjadi tugas saya, dari itu saya juga perlu dukungan dari semua pihak untuk saling mengontrol baik dari Warga masyarakat, Seperti dari kontrol sosial awak media, LSM itu sangat penting bagi kami, Agar untuk penyaluran program Dana Desa bisa berjalan sebagaimana mestinya,” Pungkasnya.

“Kami selaku awak media mengapresiasi dengan adanya sosok Kepala Desa Kampung Baru yang menggunakan jabatannya dengan baik untuk mengabdi dan melayani warga masyarakat Desa dan memajukan Desa lebih baik dan transparansi kepada semua pihak,” Tutunya.

(iman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Daerah

Pemerintah Desa (Pemdes) Sukamanah Kecamatan Jambe mengikuti Kegiatan Penilaian Lomba Desa Tingkat Kabupaten Tangerang Tahun 2024. Desa Sukamanah salah satu desa yang dikunjungi tim penilai lomba dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Tangerang