banner 1000x500 banner 1000x500
Pemerintahan

Hari Lahir Pancasila, Pj Bupati Andi: Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa

26
×

Hari Lahir Pancasila, Pj Bupati Andi: Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa

Sebarkan artikel ini

Tangerang, sorotbanten.com — Penjabat (Pj) Bupati Tangerang, Andi Ony memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tingkat Kabupaten Tangerang di Lapangan Raden Aria Maulana Yudhanegara Tigaraksa, Sabtu (1/6/2024).

Pada sambutannya, Pj Bupati Andi Ony mengatakan, peringatan hari lahir Pancasila 2024 mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”.

“Pada hari ini, kita memperingati Hari Lahir Pancasila, hari di mana Bung Karno pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang BPUPKI,” ujarnya di depan para peserta upacara.

Menurut dia, Pancasila memiliki peran besar dalam menyatukan bangsa Indonesia yang beragam. Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya merupakan bintang penuntun kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Pancasila di dalamnya terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman kita adalah berkat yang dirajut dalam identitas nasional ‘Bhinneka Tunggal Ika’,” lanjutnya.

Dia mengajak seluruh komponen bangsa terus membumikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan. Ia menegaskan Pancasila telah terbukti mampu mempersatukan bangsa dalam menghadapi berbagai tantangan dan ujian sejarah.

“Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh rakyat Indonesia,” tandasnya.

Perkembangan situasi global dan pesatnya kemajuan teknologi komunikasi menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Untuk itu, Pj Bupati Andi berharap Pancasila bisa menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan.

“Teknologi informasi yang semakin masif harus kita manfaatkan untuk menyebarkan konten-konten positif yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila,” ujarnya.

Pj Bupati Andi juga menekankan pentingnya mengutamakan Pancasila dengan metode kekinian, terutama dalam menyongsong bonus demografi yang akan melibatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa.

“Dengan semangat Pancasila yang kuat sebagai filter, saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia dapat diatasi,” tegas dia.

Ia juga mengajak masyarakat untuk bersyukur dan bangga atas kedewasaan bangsa Indonesia dalam berdemokrasi dan menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik di tengah krisis global yang terjadi.

“Kita harus bangga telah melewati pemilihan umum yang demokratis secara aman dan damai, demi tegaknya kedaulatan rakyat, konstitusi, serta persatuan dan kesatuan bangsa,” tambahnya.

Menurut dia, seluruh komponen bangsa pun diajak untuk bergotong royong agar terus mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila demi terwujudnya Indonesia yang maju, adil dan makmur.

“Semoga peringatan ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia,” pungkasnya.

(red)

banner 1000x500 banner 1000x500 banner 1000x500

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pemerintahan

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tangerang bekerja sama Tim Penggerak PKK Kabupaten Tangerang menggelar Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) Berbasis Pangan Lokal Tingkat Kabupaten Tangerang Tahun 2024, di Gedung Serba Guna (GSG) Tigaraksa